Rabu, 10 Februari 2010

Kesehatan Gigi dan Mulut

Mulut dan gigi merupakan aset terpenting dari tubuh kita. Bayangin aja, kalo gak ada mulut dan gigi, kita mau makan pake apa coba??. Selain itu mulut juga berperan penting dalam proses sosialisasi dan komunikasi. Kalo gigi dan mulut kita gak sehat, pasti kita bakal susah makan, susah ngomong, pokoknya gak banget deh. Makanya, menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut itu penting buat kita. Kalo gigi kita sehat kan makan jadi enak, komunikasi juga lancar. Bahkan ada orang yang bilang kalo gigi kita sehat, badan kita juga pasti sehat.

Kebanyakan dari kita memang agak bermasalah jika menyangkut menjaga kesehatan secara oral. Menurut penelitian, satu dari empat orang mengalami masalah bau mulut, sedang penyakit gusi juga jadi masalah kebanyakan orang.

Sekedar info nih, jangan sekali-kali meremehkan sakit gigi. Sebab jika dibiarkan, kerusakan gigi yang serius bisa memicu timbulnya penyakit lain. Kencing manis atau Diabetes merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang bisa hadir akibat sakit gigi yang ditelantarkan.

Katanya sih penderita diabetes rata-rata mempunyai gangguan kesehatan gigi. Hal itu diperkuat dengan studi penelitian di Amerika Serikat (AS) yang menyatakan penderita kerusakan gigi kronis bisa menjadi pengidap penyakit diabetes tipe 2. Ahli diabetes dan gigi di Inggris menyetujui hasil riset itu walau perlu penelitian lebih dalam lagi. Iihh.. serem juga yah..!

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates