Rabu, 10 Februari 2010

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Saat membicarakan masalah kesehatan gigi, pasti dibenak anda akan terfokus pada masalah giginya sendiri baik itu gigi yang berlubang, gigi yang tidak rata dan lain sebagainya. Padahal disamping gigi, gusi juga memegang peranan yang sangat penting dalam hal kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.
Masalah gusi yang paling sering dialami pasien adalah bengkak dan berdarah. Gejala ini bisa jadi merupakan tanda dari penyakit gusi atau penyakit lain yang lebih berbahaya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah pada gusi antara lain kesalahan cara menyikat gigi, kesalahan cara membersihkan gigi, penyakit gusi dan sebagainya.
Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan, diantaranya :
 Sikatlah gigi sekurang kurangnya dua kali sehari.Pastikan kita menyikat gigi dengan cara yang benar. Jika kita tidak tahu atau tidak emahami cara menyikat gigi yang benar, segera berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Sikat yang kasar dapat mengikis lapisan email gigi.
 Makanlah makanan yang bergizi. Makan kacang-kacangan penuh setiap hari, seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum bukannya biji-bijian murni, seperti roti putih dan nasi. Makan sayur-sayuran sehat, termasuk yang berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna oranye. Semua jenis makanan ini memiliki gula alami, tapi kandungan air alami didalamnya mencairkan efek dari gula. Hindari mengkonsumsi soft drink, atau minuman yang memiliki kandungan gula lainnya, seperti teh atau kopi sepanjang hari.
 Minumlah cukup air. Minum air yang cukup setelah makan akan sangat membantu membersihkan sisa sisa makanan pada gigi dan gusi. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah bakteri yang tinggal disana.
 Bersihkanlah lidah kita ketika menyikat gigi. Permukaan lidah menjadi tempat bertumbuhnya bakteri dan oleh karena itu sebaiknya dibersihkan untuk mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.
 Katakan tidak untuk rokok. Berhentilah merokok saat ini juga karena merokok tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi kita.
 Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak kesehatan gigi dan gusi. Jadi makanan yang hangat merupakan pilihan yang tepat.
 Periksakanlah kesehatan gigi kita. Lakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara berkala, minimal 6 bulan sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates